COMMUNITY COLLEGE INITIATIVE PROGRAM (CCIP) : OVERVIEW & SELECTION

Monday, January 11, 2016



Assalamualaikum..
It's been a while since my last post , malesnya lagi kumat jadi jarang ngeblog hehe..

Anyway, masih inget kah kemarin aku sempet share tentang test TOEFL ITP?
Test itu aku ambil buat lengkapin persyaratan beasiswa yang mau aku apply.
Nama beasiswanya adalah Community College Initiative Program atau disingkat jadi CCIP.


CCIP ini adalah beasiswa dari Pemerintah Amerika dan khusus di Indonesia dikelola oleh AMINEF (American Indonesian Exchange Foundation). Kalian pernah denger beasiswa Fulbright? Nah Fullbright juga dikelola oleh AMINEF. Jadi CCIP itu bisa dibilang "adik"nya si Fullbright.

Perbedaan 2 beasiswa ini adalah kalau Fullbright itu beasiswa untuk master/doktor , CCIP ini adalah beasiswa non degree yang diutamakan bagi lulusan SMA/SMK. Dan salah satu syarat utamanya adalah harus punya pengalaman kerja minimal 1 tahun. 

Secara simpel kalau kita dapet besiswa ini, kita bakal kuliah di Amerika selama 1 tahun. Dan semua biaya bakal di cover oleh mereka. Mulai dari tiket PP, Visa, biaya kuliah, akomodasi, asuransi, uang jajan, dll.

Beasiswa ini dibuka setiap bulan Oktober, dan deadlinenya biasanya tanggal 1 Nopember (untuk tahun 2015 deadlinenya tanggal 1 Desember). Untuk informasi lebih detail bisa dilihat di website Aminef . 

Alhamdulillah tahun ini aku lulus seleksi berkas, dan akan wawancara tanggal 14 Desember nanti. Doakan yaa, mudah-mudahan beasiswa ini jadi rezeki aku buat belajar di Amerika :)

Oiya kalau kalian tinggal diluar kota dan diundang wawancara, kalian bakal dibeliin tiket PP dari kota asal ke Jakarta. Tahun kemarin sih sama hotel juga, tapi tahun ini cuma tiket pesawat aja. Baik banget kan Aminef? hehe

Sekian dulu informasinya, nanti kalau ada cerita lebih lanjut (mudah-mudahan kabar baik) bakal aku share lagi di blog.
Kalau ada pertanyaan, feel free to ask :)











You Might Also Like

7 comments

  1. assalam mbak, mau bertanya tentang CCIP, mbak sebutkan lebih di utamakan lulusan sma dan pengalaman kerja minimal 1 tahun, kalau saya fresh graduate dan belum bekerja bagaimana mbak? terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh coba apply dulu atau tanya AMINEF langsung untuk make sure.
      Aku ga terlalu yakin soalnya buat case kaya gini hehe ^^

      Delete
  2. Assalamu'alaikum Kak Fatimah. Boleh aku minta email atau media sosial lainnya untuk ngobrol secara pribadi? Aku sangat tertarik mengikuti CCIP dan butuh banyak informasi dari kakak. Sekiranya Kak Fatimah tidak keberatan tolong kirim email ke emailku ya kak biar aku tahu email kakak. Thanks a lot in advance :)
    My email: leonitanov@gmail.com

    ReplyDelete
  3. Sy berminat sekali untuk continue degree sy. Apakah CCI mengizinkan untuk yg sudah berkeluarga apply scholarship ny? Punya infonya gak Mba? Apa status ny keluarga akan diboyong atau ditinggal kalau ternyata keterima ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. CCIP kuota nya hanya untuk 1 orang, tidak bisa bawa keluarga

      Delete
  4. Assalamualaikum mbak fatimah. saya sdg berencana untuk apply CCIP tahun 2017 ini. hanya, setelah saya membaca article diblognya mbak, ada yang membuat saya bingung disini. kebetulan saya ambil "early childhood education" untuk jurusannya. yang mau saya tanyakan, apakah nanti di Amerika, kalau diterima, kita kuliah disana atau mengajar ya? kq beberapa cerita diblog mbak fatimah spt kegiatan2 perkuliahan, self-development, leadership dll...apakah juga akan mengajar? pertanyaan saya terkait dengan essay yang sedang saya tulis. mohon infonya ya mbak. terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kita disana belajar bukan mengajar. kegiatan lain bentukya untuk self development aja

      Delete