1 Bulan Pertama di Amerika

Saturday, August 13, 2016

Assalamualaikum :)

Di post ini aku mau share pengalaman sebulan pertama di Amerika. Udah kemana aja, udah ngapain aja, udah bisa apa aja, dll. Mudah-mudahan post ini bisa kasih kalian (yang berminat sekolah di Amerika) gambaran tentang kehidupan disini.

Okay, here we go :

1. Intensive English Class
Fall Semester itu dimulai 29 Agustus, nah sebelum kuliah dimulai kita (CCIP grantees) harus ikut IEC untuk meningkatkan skill Bahasa Inggris supaya lebih siap dan ga kaget pas mulai kuliah nanti. Serunya di kelas ini kita bisa ketemu temen-temen dari berbagai negara & berbagai jenjang usia. Di kelas aku ada Mr Amado dari Puerto Rico yang usianya udah ga muda lagi, tapi beliau semangat belajarnya luar biasa :) . Gurunya juga keren banget, namanya Mr Matt. Ganteng & perhatian. Di kelas kita sering main games kaya Kahoot atau Taboo (kelas lain ga ada yang main games gini). Pokonya Mr Matt bikin baper semangat belajar ^^

Di akhir kelas kita juga ngadain Potluck Party

with Mr Matt 

left to right : Venezuelan - Brazilian - Pakistani - Indonesian - Columbian 
(Veriouska - Anna - Jabeen - Komal - Carol)

Javier & George


That's Mr Amado! :)



Food at the Potluck Party :)


2. Test COMPASS & PERT
Test ini kita ambil di kampus. Tujuannya menilai kesiapan kita untuk kuliah dan menentukan jumlah credit/sks yang bisa diambil. Bisa juga menentukan apakah kita perlu tambahan kelas Bahasa Inggris atau tidak.


3. Show and Tell (Cultural Presentation)
Presentasi budaya ini diadakan hanya diantara sesama peserta CCIP, jadi tidak terlalu besar. Rasanya seru bisa belajar banyak hal dari teman-teman dengan latar belakang yang jauh berbeda. Kadang kita ga sepaham tentang satu hal, tapi dari situlah kita belajar. Balajar cara menyampaikan pendapat dengan sopan, belajar memahami perbedaan budaya, dll.


yg di tengah itu Program Coordinator kita, our lovely Mrs Talia


Abby in action . lol 


4. Leadership Retreat
Kegiatan ini berlangsung selama 2 hari, dan mostly membahas tentang kepemimpinan. Yang seru adalah kita disatukan dengan peserta CCIP dari Yaman. Mereka sebenarnya peserta CCIP tahun lalu (2015-2016). Harusnya mereka udah pulang ke Yaman, tapi karena disana lagi perang jadinya mereka ga bisa pulang. Jadilah program mereka di extend 1 tahun lagi.








 

5. Weekend Trips
Hampir setiap weekend kita jalan-jalan explore Orlando. Biasanya Sabtu pagi kita dijemput Van. Selama sebulan ini kita udah ke Lake Eola, Downtown Orlando, The Mall at Millenia, Orlando Premium Outlet, dan International Drive.


EYE of Orlando

Lake Eola

Wonderworks

Orlando Premium Outlets

Downtown Orlando

The Mall at Millenia

6. Naik Lynx Sendiri
Jadi di Orlando itu transportasi umumnya bus kota , namanya Lynx. Nah pertama kali naik Lynx itu diajarin si Patra. Awalnya mau nyoba sendiri masih takut-takut. Takut nyasar, takut kenapa-kenapa. Pokonya udah parno duluan. Tapi pas mau ketemu sama Fara (ceritanya dibawah) mau gamau harus naik Lynx sendiri, dan taraaa berhasil!


Ini tiket Lynx nya 

7. Meet my first Malaysian Friend
Jadi di facebook waktu itu ada yg nge add namanya Fara, ternyata dia student di Valencia juga, tapi di East Campus (aku di West Campus). Setelah chat akhirnya kita janjian buat hangout gitu. Seneng banget bisa ketemu langsung dan cerita-cerita. Fara ini oragnya rame, ramah, pokonya helpful banget. Kata Mrs Talia doi di East Campus eksis gitu , soalnya multy talent. Fara ambil jurusan Theater by the way.




8. First Vounteer Work
Di volunteer pertama ini kita bantu BeTheMatch.org yaitu organisasi yang membantu para pasien pengidap kanker untuk menemukan donornya. Seru dan terharu banget, apalagi coordinatornya namanya Mr Roosevelt baik bgt. Dia nyeritain bagaimana hopelessnya para pasien itu mencari donor :')


With Mr Roosevelt (yang pake baju putih)





9. Dikunjungi Orang Indonesia di Kampus
Jadi waktu itu kita dikasih tau Mrs Talia bahwa bakal ada delegasi dari Indonesia dateng ke kampus buat diskusi tentang perdagangan manusia. Seneng banget pas liat mereka turun dari bis dan nyapa pake Bahasa Indonesia. Mudah-mudahan bisa ketemu banyak orang Indonesia disini. 





10. Jalan-jalan di sekitar Olando 
Disela-sela kesibukan belajar aku juga nyempetin jalan-jalan, tapi baru ke tempat yg deket aja. Yaa lumayan buat refreshing, karena belajar terus itu suntuk. Apalagi harus ngomong English tiap hari which is melelahkan :'D


@East Colonial


@Lake Pamela


@Swimming pool Apartment)


@Noodles Company


@Buffalo Wild Wings


11. Student ID Card
Jadi ini cerita pas awal banget. Waktu ngurus Student ID di kampus mereka bingung kenapa nama aku cuma 1 kata, karena di U.S itu lumrahnya minimal 2 suku kata. Jadilah nama depanku di sistem kampus "unknown" alias tidak diketahui. Dan beginilah ID cardnya -__- :




12. Buka Rekening Bank
Ini juga di minggu pertama. Kita kan dapet stipend dari CCC itu dalam bentuk cek, jadinya harus buka rekening supaya bisa nyairin ceknya. Aku buka akun khusus student, jadinya ga kena biaya admin bulanan. Dan uniknya meskipun ini kartu debit, bisa dipake belanja kaya kartu kredit. Bisa buat belanja di Amazon, Ebay, bisa dipake buat Uber juga. Pokonya fungsinya beda jauh sama kartu debit di Indonesia.


ini kartu debitnya 


Sekian informasi selama sebulan di Amerika ini.
Kayanya ada beberapa kegiatan yang belum ketulis, nanti deh menyusul yaa :)


You Might Also Like

3 comments

  1. Abby, seru banget berasa ada di Orlando jadinya. Berapa lama sekolah di sana ?

    Love ^^
    gie

    ReplyDelete
  2. abby kalau scholarship ini untuk free time apakah boleh di isi dengan bekerja part time / freelance?

    ReplyDelete